Entri Populer: Cemburu

Minggu, 23 Januari 2011

Keuntungan dari Pemanfaatan Tekhnologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan dan Pembelajaran

  1. Keuntungan Pemanfaatan TIK dalam Pendidikan dan Pembelajaran
1). Pemanfaatan tekhnologi komunikasi informasi untuk pendidikan dan pembelajaran adalah untuk menghindari tindakan kesalahan yang sama, tidak mengulangi tindakan yang tidak perlu dilakukan, untuk mengetahui tindakan yang dilakukan oleh seseorang/kelompok/masyarakat dan untuk mengetahui arah pembangunan.
2). Penerapan dan pengembangan IPTEK merupakan pendukung utama terjadinya proses gerakan globalisasi khususnya dalam pendidikan.
3). Gerakan globalisasi Tekhnologi komunikasi dan informasi pendidikan merupakan salah satu bidang ilmu yang merupakan terapan dari komunikasi dengan memadukan teori psikologi dan pendidikan/pembelajaran.
4). Gerakan globalisasi juga telah memicu kecenderungan pergeseran dalam dunia pendidikan dari pendidikan tatap muka yang konvensional kearah pendidikan yang lebih terbuka dan dua arah, beragam, multidisipliner, serta terkait pada produktivitas kerja saat itu juga dan kompetetif.
5). Pendidikan lebih bersifat fleksibel, terbuka, dan dapat diakses oleh siapapun juga.
6). Pendidikan juga lebih ditentukan oleh jaringan informasi yang memungkinkan interaksi dan kolaborasi.
7). Berkembangnya pendidikan terbuka dengan modus belajar jarak jauh (Distance learning). Kemudahan untuk menyelenggarakan pendidikan terbuka dan jarak jauh perlu dimasukkan sebagai strategi utama.
8). Sharing resource bersama antar lembaga pendidikan dan pembelajaran dalam sebuah jaringan Perpustakaan dan instrumen pendidikan lainnya (guru, laboratorium) berubah fungsi menjadi sumber informasi.
9). Penggunaan perangkat tekhnologi informasi interaktif, seperti CD-ROM Multimedia, dalam pendidikan secara bertahap menggantikan TV dan Video sehingga dapat memungkinkan diadakannya belajar jarak jauh dengan menggunakan media internet untuk menghubungkan antara guru dan siswa, melihat nilai secara online, melihat jadwal pembelajaran, mengirimkan tugas, dll.
10). Bentuk-bentuk materi, ujian, kuis dan cara pendidikan dan pembelajaran lainnya dapat diimplementasikan dalam web yang dapat diakses oleh siswa.
11). Demikian juga halnya dengan ujian dan kuis yang dilakukan oleh guru yang dapat diakses oleh siswa melalui internet. Para siswa juga dapat mengirikan tugas-tugas pembelajarannya kepada gurunya melalui internet.
12). Sementara itu, penyelesaian administrasi juga dapat diselesaikan langsung dalam satu proses regisrasi saja, apalagi didukung oleh metode pembayaran online.
13). Internet merupakan sarana pertukaran informasi dan penyedia informasi yang sangat luas dan terbuka. Kemudahan dalam memperoleh informasi. Internet juga mendukung mendukung sistem pembelajaran jarak jauh atau pendidikan e-learning.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar